Beranda Artikel Membuahkan Tanaman di Luar Musim

Membuahkan Tanaman di Luar Musim

212
100


Oleh: Pratomo, SP *)

Lengkeng 3 tahun berbuah

Rahasia memunculkan buah-buahan di luar musimnya hanya diketahui oleh sedikit orang. Padahal sangat banyak orang yang sangat ingin mengetahui teknologi ini, termasuk Anda. Dari sedikit orang yang tahu rahasia tersebut, hanya sebagian kecil yang mengerti persis teknologi ini dan menerapkan­nya dengan tepat. Banyak kejadian setelah pohon berhasil dibuahkan dengan lebat, tapi kemudian pertumbuhannya merana bahkan mati. Rahasia ini akan bagikan agar pohon buah dan pekebun yang menjadi “korban” dapat dikurangi. Berikut ini “rahasia” tersebut dipaparkan.

Teknologi memunculkan buah di luar musim, disebut teknologi off-season. Tujuan teknologi ini ada dua yaitu, pertama adalah murni motif ekonomi yang ditujukan untuk menaikkan harga komoditas buah-buahan jauh lebih tinggi dibandingkan ketika dalam mu­simnya –on season. Tujuan kedua lebih idealis, pada aplikasi kebijakan peme­nuhan pangan buah-buahan masyarakat agar tersedia sepanjang tahun. Komoditas buah-buahan yang sudah teruji berhasil dalam penerapan teknologi off-season adalah: lengkeng, durian, mangga, apel, jeruk dan jambu air.

Tujuan aplikasi teknologi off-season pertama -motif ekonomi­- dilakukan ber­kaitan dengan erat dengan karakteris­tik produk komoditas agobisnis yang berbeda dengan komoditas lainnya. Produk agro­bisnis mudah sekali rusak, mempunyai bio-massa besar, memerlukan tempat luas untuk gudang dan transpor, hasil pro­duknya beragam/multi grade (Gumbira, 2001). Dimana jika sedang panen raya –on-season, buah-buah seperti tidak ada harganya, terjual dengan harga sangat murah. Sedang jika tidak sedang musim, buah dengan kualitas dan kuantitas yang sama dijual dengan harga berkali-kali lipat lebih mahal. Contoh konkretnya ada pada komoditas mangga, jeruk dan durian

Fenomena menarik yang berhu­bungan dengan Penjaminan Mutu Pangan (Food Safety), terjadi dalam bisnis buah-buahan, contohnya pada saat tidak musim Jeruk Lokam atau Ponkam dengan  mutu yang sangat buruk (off-grade) tetap habis diserbu pembeli. Dengan buah bisa dibu­ahkan sepanjang musim, maka keterse­diaan buah akan merata sepanjang tahun dengan jumlah yang cukup. Sehingga konsumen tetap memperoleh buah ber­mutu baik dengan harga wajar.

Bagi orang yang sudah mengetahui teknologi off-season, hal ini merupakan peluang bisnis yang sangat menarik. Namun seringkali untuk mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya teknologi ini tidak diterapkan dengan bijak, apalagi jika yang menerapkan adalah klan peda­gang -pengijon, tengkulak dan pem­borong. Satu contoh penerapan teknologi yang tidak bijak banyak terjadi pada perkebunan mangga rakyat di Rembang, Ngawi, Situbondo, Probolinggo dan Pasuruan. Dimana jauh sebelum musim mangga mulai para pengijon sudah mendatangi petani/pekebun mangga, mereka mengontrak -mengijon mangga lebih tinggi dari harga pasaran biasa, petani senang bukan kepalang, keun­tungan besar dalam benaknya.

Kemudian setelah deal, para peng­ijon mengaplikasikan zat pengatur tumbuh (ZPT), yang menghentikan fase vegetatif dan memunculkan fase generatif bunga dan buah. Biasanya dengan aplikasi ZPT buah mangga akan berbuah maju dua  bulan sebelum musimnya dan berbuah amat sangat lebat. Pengijon untung besar, karena selain harga mangga berlipat-lipat, kuantitas produksi mangga juga berlipat-lipat. Petani berpandangan bahwa Peng­ijon sedang beruntung –tiba beja, bahasa Jawanya- karena anugrah alam. Petani baru sadar ketika sehabis panen pohon-pohon mangganya tidak segera pulih dengan tumbuh pupus dan tunas baru. Pohon mangganya semakin hari semakin merana, daunnya banyak yang mengering, gugur atau mengeriting, dahan ranting mengkerut dan mudah patah (getas), daya tahan tanaman lemah (mudah terserang hama dan penyakit), dan tak jarang panen tersebut menjadi adalah panen terakhir karena pohon tersebut akhirnya mati.

Berbagai Teknologi Off-season.

Sebenarnya pada jaman mbah-mbah kita dulu teknologi off-season ini sudah diterapkan, antara lain tapi dengan cara mekanis antara lain dengan cara:

1.      Kerat : Mengerat pembuluh floem (kulit pohon) melingkar sepanjang ling­karan pohon sampai kelihatan pembuluh xylem (kayu pohon).

2.      Pruning : Memangkas daun, cabang dan ranting, hingga pohon gundul atau tersisa sedikit daun.

3.      Pelukaan : Melukai pembuluh floem dengan benda tajam. Bentuknya bisa dengan mengerok, mencacah, mema­ku atau mengiris kulit kayu.

4.      Pengikatan : Mengikat erat pohon de­ngan kawat hingga transpor hasil foto­­sintesa pembuluh floem terhambat.

5.      Stressing air : Tidak menyiram ta­naman hingga mencapai titik layu permanen, kemudian dengan tiba-tiba melakukan penggenangan per­akaran dan pangkal batang hingga jenuh air dalam waktu tertentu.

Kelima teknologi off-season konven­sional ini, pada prinsipnya adalah meru­bah perbandingan unsur carbon (C) dan nitrogen (N) –C/N ratio– dalam tubuh tanaman. Cara konvensional ini mem­punyai kelemahan yaitu tak terukur. Kalau aplikasinya kebetulan pas, ya berhasil tapi kalau tidak pas ya ga­gal. Dalam ber­budidaya cara konvensional ter­sebut tidak dire­komen­­­dasikan, karena selain tidak bisa mem­berikan kepastian, juga dapat meng­akibatkan kerusakan pohon se­ca­ra fisik dan fisiologis.

(Baca artikel ter­kait: Bagaimana C/N rasio Menen­tu­kan Pembungaan)

Cara terkini yang terukur dan paling ba­nyak dipilih adalah dengan menggu­nakan agro-chemical, beru­pa bahan aktif zat pe­ngatur tumbuh (ZPT). Pada prinsip­nya tek­nologi agro-chemical ini merubah fisiologis tanaman dengan cara meng­hambat fase pertum­buhan vegetatif de­ngan peran hormon atau senyawa kimia tertentu, agar muncul fase generatif -bunga dan buah (Unggul Su­roso, 2008).

Tanaman yang ingin dibuahkan di luar musim harus memenuhi tiga prasyarat penting, yaitu :

  • Tanaman sehat, dengan ditandai percabangan merata, daun berwarna hijau tua mengkilat dan tidak sedang terserang hama atau penyakit.
  • Tanaman sudah cukup umur atau sudah pernah berbunga. Pem­bu­ngaan di bawah umur dapat meng­akibatkan terganggunya pertum­buhan vegetatif tanaman yang meng­akibatkan postur tanaman menjadi kerdil dan tidak sehat.
  • Lebih utama tanaman tidak dalam fase akselerasi pertumbuhan vege­tatif dalam bahasa Jawa disebut mepet (huruf vokal e dibaca seperti pada kata: pedang). Ditandai dengan tidak adanya: pertumbuhan tunas tanaman dan daun baru (pupus).

Pengaplikasian ZPT

Pada dasarnya, setiap sub-familia tanam­­an mempunyai ZPT yang berbeda-beda, walaupun ada ZPT yang bisa memberikan pengaruh pembungaan yang signifikan pada beberapa jenis tanaman. ZPT yang dipergunakan untuk memun­culkan bunga di luar musim antara lain adalah: NAA, Auxin, Gibberelin, Pak­lo­butrazol dan Po­tasium Klorat (KClO3).

Natrium NAA (Naphthyl Acetic Acid/Asam Naftali Asetat), adalah jens ZPT yang mempunyai kegunaan men­dorong pembungaan serem­pak pada tanaman. Dengan konsentrasi 5-10 ppm disem­prot­kan ke seluruh bagian tanaman terutama stomata daun terbukti dapat memunculkan bunga.

Auxin secara khusus jarang diper­dagangkan dengan merk dagang tertentu, karena harganya per miligramnya yang sangat mahal. Tergolong dalam bahan laboratorium yang bisa didapatkan di toko bahan kimia. Auxin digunakan dalam dosis kecil, part per million (ppm), berfungsi untuk merangsang perpanjangan sel, pembentukan bunga dan buah, per­tumbuhan akar pada stek batang, mem­perpanjang titik tumbuh serta mencegah gugur daun dan buah.

Gibberelin sebelumnya juga terma­suk bahan laboratorium yang mahal dan dipergunkan dalam dosis kecil seperti auxin, tapi kini sudah banyak di jual di pasaran da­lam bentuk suspensi, dengan merk antara lain: ProGibb dan Super Gib. Apabila meng­inginkan Gibberelin murni bisa diperoleh di toko bahan kimia dengan kode GA3 atau GA6. Gibberelin berfungsi membuat tanaman berbunga sebelum waktu­nya, membuat tanaman buah besar-besar tanpa biji, membuat tanaman jadi rak­sasa, mem­percepat tumbuhnya biji dan tunas dan merangsang aktivitas kambium. Baik auxin maupun gibberelin lebih cocok diper­gunakan untuk tanaman semusim seperti cabe, melon, semangka dan labu.

Paklobutrazol di pasaran memiliki nama dagang diantaranya Patrol, Cultar, Goldstar. ZPT ini berfungsi menghentikan fase vegetatif dan memacu fase generatif. Penggunaan secara berlebihan dapat mengakibatkan, batang dan dahan getas, daun menge­riting dan pertumbuhan vegetatif dapat terhenti (stagnan) hingga kurun waktu 3 tahun. Terbukti efektif dipergunakan pada tanaman keras seperti mangga, apel, jambu air, jeruk dan durian.

Potasium Klorat (KClO3). Bahan kimia yang masih saudara dekat dengan bahan peledak yang dipakai Amrozi cs. dalam bom Bali ini, pada dosis tertentu telah terbukti dapat memunculkan bunga. Keberhasilan percobaan pembungaan yang dilakukan di Thailand, kini telah dipergunakan secara masal untuk komo­ditas lengkeng (Dimo­carpus longan) dan leci (Litchi chinensis).

Selain ZPT-ZPT tersebut di atas, ada juga produk untuk memunculkan buah off-season yang disajikan secara terpadu. Komposisi tidak hanya mengandung ZPT tetapi juga asam amino, unsur makro NPK dengan perbandingan tertentu dan mikro (Mg, Mn, B, Zn) yang dibutuhkan tanaman pada saat pembungaan dan pengisian buah. Ini dilakukan untuk memastikan pada saat tanaman dibuahkan di luar musim tidak akan kekurangan nutrisi yang dibutuhkan. Merk dagang di pasaran ada berbagai macam seperti, untuk mem­buahkan lengkeng ada Formula Narin yang berasal dari Thailand atau Farmpion Booster dan Champion buatan Malaysia, yang bisa didapatkan di toko-toko per­tanian seperti: Hortimart AgroCenter Bawen-Semarang dan Trubus-Ungaran.

Syarat Pasca Aplikasi.

Pasca aplikasi ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu: Tanaman harus tercukupi air, Pemupukan bunga-buah yang tepat (waktu, komposisi & dosis), Sanitasi lingkungan dan Pengendalian hama dan penyakit. Sebenarnya pem­buahan di luar musim adalah pekerjaan berat bagi tanaman, sebab metabolisme dalam tubuh tanaman akan berubah -dari vegetatif ke generatif- dan berjalan dengan cepat. Hal itu yang menjadikan syarat agar air, nutrisi, sanitasi dan kesehatan tanaman harus terpenuhi.

Air diperlukan untuk tranpor nutrisi (hara) dari akar hingga proses fotosistesis yang berlangsung lebih cepat dengan kuantitas lebih banyak dari biasanya, mengingat hasil fotosintesis berupa pati dan fruktosa diproduksi dalam jumlah besar untuk pengisian buah. Pupuk kompos dan pupuk anorganik dengan komposisi Nitrogen rendah dan Fosfor-Kalium tinggi (misal NPK 10-30-30) diper­lukan untuk mendukung pem­ben­tukan bunga-buah. Pupuk kompos se­baiknya diberikan dua bulan sebe­lum aplikasi dilakukan de­ngan jumlah -untuk ta­naman umur 3 tahun- minimal 20 kg. Sedang pupuk anorganik diberikan dua kali lebih banyak daripada saat tanaman tidak berproduksi, untuk tanaman umur 3 tahun diberikan NPK nitrat 40 gr tiap 30 hari x 5 kali aplikasi, dengan cara diko­corkan dengan 5 liter air diantara pangkal batang dan batas tajuk terluar.

Berikutnya sanitasi dilakukan de­ngan cara membersihkan gulma total yang berada di bawah tajuk tanaman, sedang gulma/rumput di luar tajuk cukup dibabat 2-3 cm agar tidak menjadi sarang hama dan penyakit. Hama yang dapat menggagalkan pembentukan bunga-buah adalah kutu putih yang hidup sebagai parasit pada pupus dan daun muda, ulat hijau kecil penggerek pupus dan lalat buah yang bertelur pada bakal buah. Untuk kutu putih dan ulat hijau dapat dibasmi dengan insektisida dengan perekat, sedangkan untuk lalat buah dijebak dengan perang­kap/lem berbahan aktif metil eugenol, merk di lapangan adalah Petrogenol, ATP, Laila dan Cherry Glue. Sebab apabila lalat buah tidak segera ditangkap, ia akan merontokkan buah, bertelur pada bakal buah dan larvanya akan kita temui di dalam buah yang sudah matang.

Sebenarnya pemenuhan syarat pasca aplikasi inilah yang paling penting berhu­bungan dengan kelangsungan hidup dan kesehatan tanaman. Terapkan tek­nologi ini dengan bijaksana agar tanaman Anda berbuah lebat dan pohon tetap sehat. (*)

*) Penulis adalah Sekretaris Ekse­kutif Yayasan Obor Tani dan Mahasiswa Program Magister Teknologi Pangan Unika Soegijapranata Semarang

100 KOMENTAR

  1. Mas Pratomo, saya berminat mencoba potasium klorat buat itoh saya yang berusia 5 tahun dan belum sekalipun berbunga apalagi berbuah. Mohon info di mana saya bisa beli potasium klorat itu dan bagaimana dosis aplikasinya?

    Tksh, salam

  2. For Heru: Potassium Klorat bisa didapatkan toko-toko kimia atau di Hortimart Agro Center-Bawen-Kab.Semarang-Jawa Tengah. Atau Agrowisata Plantera-Kab Kendal, Jawa Tengah.

  3. For Ida & Webe: Yang dimaksud pohon mandul? Kalau dulu pernah berbuah sekarang tidak, itu biasanya karena kita tidak memupuknya. Pemupukan kompos/Pupuk Kandang itu tiga bulan sekali, sedang pemupukan NPK Mutiara itu sebaiknya tiap bulan sebanyak minimal 2 kg, untuk pohon dengan tinggi minimal 3 meter. Untuk Webe: terimakasih.

  4. terima kasih ilmunya mas, semoga bermafaat bagi kita semua…
    senang rasanya dapat masukan baru…
    oh iya untuk membuahkan lengkeng diluar musim menggunakan booster (potasium klorat) saya ulas di blog saya, kalau ada waktu tolong di koreksi, siapa tahu ada kekurangan…, maklum sy hanya penghoby berkebun tanpa ada basic ilmu pertanian,,,,
    terima kasih

  5. Terima kasih sudah berbagi ilmunya mas,
    walaupun saya bukan petani tapi saya tertarik setelah membaca tulisan mas ini, salam kenal dari kota kretek.

  6. minta info,kalo di pekanbaru-riau,mau membeli auxin dan giberalin,di mana bisa dapat ya? berapa harga nya?
    yang sdh siap pakai.

    thx
    Delsen

  7. Salam kenal Pak Pratomo. Saya sangat tertarik dengan artikel artikel disini. Mantaf dan sangat bermanfaat. Seandainya diperbolehkan, mohon sharing artikelnya ya Pak, untuk disebarkan lebih luas lagi. Matur Nuwun

  8. Menyambung pertanyaan pak Heru mengenai KClO3, tolong info mengenai dosis dan cara pemakaiannya pak ?
    Apa seperti Goldstar, disiram di pangkal batang ?
    Terima Kasih.

    • For Budiadi, dosis KCLO3 adalah 250-500gr untuk yang jenis teknis, kemudian yang PA 5-20gr. Aplikasinya dilarutkan 5 liter air kemudian disiramkan di separuh jari-jari antara pangkal batang dan tajuk terluar.

  9. Pak Pratomo, whuiiikk, sampeyan kera ngalam juga tah pak? hehe. Sayang kadit ndang itreng, narabel wingi helom ngalam..
    Wah pak, KClO3 susah dicari di toko2 kimia beken walo sudah nenteng Trubus yang ngelaborasi KClO3 untuk lengkeng sbg referensi. Maklum itu bahan sensitif yang mudah mbledak oleh teroris. Tapi yg di Bawan dan Kendal belum saya coba krn itu di luar orbit edar saya yang di jalur selatan jateng.
    Ngutip jawaban buat pak Budiadi, dosis 250-500 gram apa gak kebanyakan pak?

    Salam

  10. Nyambung dikit komentar sebelumnya..

    Maaf pertanyaan dosis itu hanya miris saja, terkait sulitnya mendapatkan KClO3. Soalnya saya punya 20 itoh lain. Kalau 20 @ 300 gr saja kan artinya 6 kg. Apalagi kebun di Boja sana yang nanam ribuan pohon itoh. Tetapi kalau dari pengalaman memang segitu, ya apa boleh buat..

    Satu lagi ya pak, jika ada suatu prosedur mendapatkan KClO3 yang halal dan resmi, tolong share juga dong. Terimakasih.

    Salam

    • For Heru, KClO3 yang dipakai untuk lengkeng itu adalah yang jenis teknis. Jadi meski 250 gr konsentrasinya hanya beberapa persen. Sedang yang dipakai teroris itu yang Pro-Analisa yang konsentrasinya 99,8%. Disitu perbedaannya, mungkin rekan-rekan dari teknik kimia bisa ikut menjelaskan sdr. Heru. Kalau mau mendapatkan KClO3 yang sudah diramu khusus dengan unsur mikro dan asam amino khusus Lengkeng bisa didapatkan di: Hortimart Agro Center Bawen, Toko Trubus dan Agrowisata Plantera. Rutam nuwun.

  11. pak pratomo, saya berniat menanam lengkeng itoh di desa cirende, kab. purwakarta, jabar. Daerah tersebut mempunyai ketinggian sekitar 200-300 m dpl dengan suhu 26-31 C, kira2 dgn pupuk KClO3 apakah lengkeng tersebut bakal bisa berbuah, hatur nuhun pak pratomo

    • For Ahmad Pribadi Purwakarta: Lengkeng Itoh memang istimewa, selain produktivitasnya tinggi dan buahnya berkukalitas bagus, Itoh bisa berbuah dari ketinggian 50 meter s/d 1200 meter diatas permukaan laut. Di purwakarta dengan 200-300 PASTI BISA

  12. mas pratomo,sy anak muda yg skr lagi terjun diperkebunan jeruk,sy sangat tertarik dng teknologi off-season,krn sy ingin mencobanya pada tanaman jeruk sy,klau boleh sy minta no tlpnya mas pratomo agar lebih jelas caranya,terima kasih

  13. pak gimana cara bertanam lengkeng
    saya mau taman 1 ha bibit nya dari mana ?
    saya mau bibit unggul lengkeng thailand
    yang rutin panennya

    • For Dewi: Leci bagi kami masih tantangan untuk membuahkan. Berbagai percobaan sedang kami lakukan. Tanaman sub-tropis ini memang sulit berbuah di daerah tropis. Percobaan terakhir kami sudah bisa “memaksa” berbuah tapi belum bisa merata. Tks

  14. Pak Pratomo Ybh, boleh curhat ya pak .. 🙂

    Pada 01Jan10 saya sudah coba aplikasi booster farmpion-champion-PA sebanyak 1/2 paket yang sy beli di Hortimart Bawen untuk lengkeng saya yg usia 5 tahun dgn memperhatikan timing (saat daun termuda dalam proses menjadi hijau tua) dan sesuai saran aplikasi (larutkan 10 ltr pada ring radius 1m dari batang pohon dan siram pada pangkal batang) serta kemudian siram air setiap sore kecuali bila sudah hujuan lebat. Suedihnya, sampai hari ini tepat 2×31 hari belum juga menampakkan bunga.. Saya harus akui kira2 2 minggu sebelum aplikasi sdh saya siram dgn 1/2 kg Multi KP yang serbuk putih itu (P=30% dan K=50%)..
    Sekarang masih ada 1/2 paket lagi mau saya susulkan mumpung daun muda sedang proses menua. Boleh dapat saran tindak yang joss Pak? Tolong ya..

    Terimakasih, salam

    • for Heru Hero: Mengenai lengkeng yang belum berhasil berbunga setelah di-booster meskipun timing sudah tepat (daun sudah tidak ada alias Mepet). Pupuk Multi KP seharusnya dibeikan setelah inisiasi bunga muncul. Normalnya lengkeng berbunga 28-35 hari setelah di booster, coba kalau bisa kami dikirim foto pohonnya, apakah pohon lengkeng tersebut terkena naungan/tidak mendapat sinar matahari penuh? Pohon sehat? Pupuk Kandang-kompos rutin diberikan 2 x setahun?
      Jika ingin diberi ulangan pupuk booster tunggu sampai 2 bulan, agar jika kelebihan dosis daung tidak mengkerut/nglinthing. Tks

  15. Pak pratomo, sy adalah pengelola perkebunan mangga dgn teknologi off-season milik orang tua. mohon penjelasan bagaimana cara pembungaan dapat serempak, karena selama ini bunga selalu tidak rata. ZPT yg sy gunakan Goldstar. Dan bagaimana cara agar buah tidak rontok, apa obatnya dan dapat dibeli dimana? Trima kasih….

  16. mas saya wilky,jadi gini mas saya punya phon kelengkeng dengan tabulanpot dan di tanam di tanah,apakah berbeda cara pembuahan kedua cara penanaman itu mas,
    memang usia pembuahan kelengkeng yang di tanam di tanah berapa tahun?
    n kalo yang tabulanpot berapa tahun juga mas?.
    soalnya saya sudah melakukan pemupukan rutin n pemangkasan mas,..,,??
    makasih mas sebelumnya,..,
    saya pingin banget jadi petani sukses kaya mas Pratomo.,.

    • Untuk Wilki: SAMA antara yang di tanah dan pot untuk pembungaan. Hanya saja karena yang di tanah mempunyai kebebasan lebih, maka dia akan berproduksi lebih banyak. Umur berapa pun bisa dibuahkan, tapi kalau terlalu kecil, ranting dan batangnya akan mudah patah. Pemanggkasan dilakukan barengan dengan panen. Tks. Jayalah Petani Indonesia.

  17. Pak, aku punya tnmn jambu air cincalo umur kira2 3 thn blm pernah berbunga/berbuah kira2 bisa nggap diuahkan diluar musim ?

    • Untuk Mursito
      Bisa. Jambu air bisa Dibuahkan diluar musim dengan KNO3 yang berwarna putih (kristal: seperti gula pasir). Disemprotkan saat pohon tidak ada pupus daun baru. Dosis ikuti petunjuk dalam kemasan. Biasanya merknya Saprotan Utama/Cap Pak Tani.

  18. Salam sejahtera,
    pak mohon info pupuk apa yg paling aman dan baik digunakan pada tanaman jambu biji agar jambu berbuah sepanjang tahun , ? kalau dibali dimana bisa mendapatkan pupuk2 tersebut?

    mengapa juga jika sudah jadi buah sebesar kelereng suka rontok , apa yang menyebabkan ?

    jika ada hama kupu2 putih disemprot racikan kapur barus bagusnya dicampur apa lagi ?

    terima kasih .. wassalam !

  19. mas saya ako,
    saya berasal dari prov NTT, yang dimana kabupaten saya terkenal dengan penghasil jeruk, tapi jeruk didaerah saya berbuah secara musiman tidak sepanjang tahun.
    saya ingin meminta saran ataupun referensi yang dapat membantu saya untuk membuat tanaman jeruk di daerah saya berbuah sepanjang musim. klu bisa tolong dikirim ke email saya?
    Terima kasih…

    • Untuk ACKO, astisitinurjanah & Yunan Dewa,
      Jeruk dan Mangga bisa dibuahkan diluar musim dengan: paklobutrazol, tapi jangan lupa pupuk dan air dilpatgandakan. Merknya: Cultar, Goldstar, Darby dan Patrol

  20. Mas Pramono, saya didaerah wonogiri dan sangat tertarik dengan buah anggur,pe saat ini ada beberapa batang yg dah ber buah ,gmana agar buahnya banyak

  21. Mas Pratomo, saya didaerah wonogiri dan sangat tertarik dengan buah anggur,pe saat ini ada beberapa batang yg dah ber buah ,gmana agar buahnya banyak

  22. pak saya ada di banyuwangi,saya ingin mempercepat bunga pd pohon jeruk nipis saya,tolong ya pak kasih tau saya…matur nuwun

  23. Salam kenal Pak, menyambung pertanyaan Mas Bram: Apa bisa Goldstar.Culstar,dan sejenisnya untuk di terapkan di pohon duku di daerah Medan, supaya berbuah secara maksimal tiap tahunnya, Mohon Infonya….

  24. saya punya lengkeng diamond r umur 20 bulan jumlah 80 batang dengan pertumbuhan batang dan daun subur bolehkah di rangsang bahan aktif trim mas pratomo

    • Untuk porwanto
      Seharusnya Lengkeng Diamond River setelah umur 2 tahun akan berbuah sendiri tanpa Booster, tapi jika ingi di booster ya bisa pakai potassium klorat.

  25. pak saya ada gresik (dataran rendah), ingin menanam kelengkeng dikebun seluas 1/2 hektar. Jenis kelengkeng apa yang tepat?

  26. Mas, Mohon petunjuknya untuk tanaman rambutan cocoknya pake pupuk apa ya, soalnya setiap tahun saya kasih NPK tapi hasilnya sama dengan orang yang tidak beri pupuk sama sekali, dan bersamaan pula berbunganya, terima kasih

    Salam dari Saya Jamaluddin di Makassar

  27. pak yg kandungan giberalin dan auxin merk wong tani jimmy hantu bs diaplikasikan gak di durian.
    soalnya saya dikalimantan tidak ada obat kimia yg seperti ditempat bpk.tks

  28. tolong tanya Pak untuk tanaman cengkih umur 30 tahun seringkali buah tidak mau lebat paling cuma 1 sampai 2 kg kering, itu aja tidak setiap tahun berbuah pak , bisa 2-3 tahun sekali. awal hujan kira kira 40 hari yang lalu cengkih sudah dipupuk KCl 2 kg dan disemprot hormon jimy hantu sampai 5 kali juga belum ada tanda tanda. caranya bagaimana ya pak supaya mau ber buah setiap tahun dan bisa lebat, terima kasih

  29. salam pertanian
    salut untuk pak pratomo, ikut memajukan pertanian
    mohon penjelasan, saya punya lahan sekitar 500 m2
    mau saya tanami durian bawor. untuk lahan segitu bisa muat berap pohon ? jarak tanam brapa ? dan kebutuhan pupuk per pohonnya berapa ? terima kasih sebelumnya.

  30. mohon info, bagaimana carax agar klengkeng dapat berbuah diluar musim, pupuk apa yg dipakai dan dimana saya bisa dapatkan di makassar, tks infox

  31. wah.. mantap banget nich pak 🙂 buat pak Muh Natsir. coba dibaca dibagian atas pak… untuk produknya mending order langsung dari semarang pak 😀

    salam buat para hobiis 😀 semoga petani indonesia tambah maju.. makasih banyak pak pratomo

    Agus Priyadi (Kediri Jawa Timur)

  32. maz sy mempunyai pohon klengkeng jenis kristalin sudah berumur 2,5 th kok belum berbuah terus mau sy aplikasi pakai pupuk mkp apakah bisa? mohon saran dan infonya trim,s

  33. pak.tlg dong..!!
    begini sy punya pohon kelengkeng(1) tingginya 1m lebih..tp kok daun mudanya pada kuning ,dan rontok….sama seperti yg di alami pohon mangga saya..tlg dong pak bgm menanggulanginya?treatment dan obat apa yg hrs saya berikan…pak tlg di email aja ya

  34. 1) Bagaimana, cara memperoleh bahan tersebut diatas. 2) Kalau untuk tanaman durian bahan apa saja yang digunakan. kemudian apakah mungkin penyemprotan dilakukan sampai merata ke stok mata daun, karena pohon durian tinggi.
    3) Bagaimana aplikasi untuk tanaman buah duku

  35. haloo semuanya…Bagi yang mau dan berminat membeli KClO3/kalium klorat kemurnian 99% saya bisa jual tetapi saya hanya memberi batasan tidak lebih dari 500 gram dan betul2 digunakan seperlunya+untuk lengkeng,hanya untuk daerah Malang,belum ke luar kota……bisa sms di 083834585644 ..terima kasih

  36. saya setuju kalau bahan kimia KClO3/potassium chlorate digunakan untuk kebaikan bukan untuk meneror dll.,..jika kalau untuk kebun/merangsang pembungaan lengkeng saya sangat mendukung dan bersedia menjual bagi yang memerlukannya ….

  37. pak saya punya 1 phon lengkeng tp ko pertumbuhannya lama banget..
    pdhal dah dikasih NPK. pucuk daunnya segitu gitu aja..gak mau cpet” tumbuh.. umurnya dah 6 bulanan..gmn ya solusinya?
    oiya kalo biar jambu jamaika saya cepet tumbuh rindang caranya gmn pak?:-D
    tolong solusinya pak..hehe

  38. pak saya mau bertanya bagaimana cara pemakaian dan berapa dosis potassium klorat pada tanaman jeruk the dan dosis pemupukan yg baik pada jeruk yg berumur 3 tahun. .

    terima kasih sebelumnya

  39. salam kenal mas,saya petani durian dah cengkeh,mau nanya perangsang buah biar bsa panen di luar musim pakek obat perangsang apa dan caranya gmna ?dan saya bsa beli dimana? Terimakasih tamaril. trenggalek jwatimur

  40. Saya punya durian diameter 10 cm, tp 2 musin ini belum bs berbuah, caranya bagaimana supaya berbuah lg ya, tq

  41. Pak Pratomo selamat dan sukses kebun Kalibagornya ya pak..

    Saya ada 200an itoh (bibit ex Pak Nonot Demak) ditanam di tanah kebun di daerah Sumbang Banyumas. Karena berubah program maka saya berniat menjual tanaman dimaksud. Mungkin masih butuh tambahan untuk Kalibagornya Pak?

    Sukses selalu, salam..
    Heru

  42. Yth, Pak Pratomo
    Salam Tani,Salam kenal Pak, Saya Amirullah dari pallangga – kab.Gowa

    Saya punya 2 pohon durian, 1 pohon umur kira2 kuranglebih 20 thn (ditanam dari biji), pernah berbuah satu kali kira2 7 thn lalu setelah itu tidak pernah berbuah lagi, tiap thn berbunga lebab tetapi tidak ada jadi buah, dan pohon durian ke 2 umumur cukup tua (indukan dari yg pertama) >80 thn, juga tiap thn berbunga lebab cuma 1/4 jadi buah.
    Tanah ketinggian 0-900 dpl.
    Mohon arahannya Pak, Pupuk apa yang perlu kami berikan,takaran pupuk bagaiman,dan apakah bisa di booster Pak ?

    Sukses selalu, salam Tani
    Amirullah

  43. Ass, Pak kebun durian okulasi saya sebanyak 172 batang, jenis yang dominan adalah montong dan tokong, usiannya sekarang 7 tahun, diameter batang kisaran 20 – 25 cm tinggi mencapai 6-8 meter. Apa ZTP yang tepat dan bagaimana cara aplikasinya, serta apa saja yang diperlukan untuk menunjang keberhasilan untuk membuahkan tanaman durian saya tersebut. Mohon petunjuk agar saya dapat segera melaksanakannya, dan berapa perkiraan biaya yang saya butuhkan untuk mendapatkan ZTP tersebut jika yang saya aplikasikan 100 batang saja ( dipilih berdasar besarnya saja)… mohon petunjuknya…terima kasih..

  44. maaf Pak, mau tanya. rata-rata pohon lengkeng di desa saya tumbuh dengan subur, tapi kok nggak mau berbuah. apakah karena desa saya dekat dengan pantai sehingga lengkeng tidak mau berbuah.

    mohon solusinya

  45. Mohon info petani : kelengkeng itoh,srikaya,jambu mutiara/kristal. Saya berminat untuk ekspor dalam skala kecil
    Bila ada yang tahu mohon info ke 0852 1928 4375

  46. Bapak/Ibu mohon bantuannya ya jika ada yang tau menjual bibit Utk tanaman Mangga Harum Manis, Indramayu dan Lokmai
    Bila ada yang tau tolg sms ke no sy : 081264272000

  47. assalamualaikum pak mau konsultasi tentang tanaman apel saya di daerah nongkojajar gunung bromo ,tanaman apel saya kekurangan umbium atau getah pada tanaman lain untuk mempercepat banyaknya umbium harus di kasih pupuk atau obat apa ?terimakasih

  48. pk tolong ajarkan cara membuat perangsang buah, dan bahannya apa saja. saya mahasiswa STPP BOGOR. terimakasih …
    kalo bisa tolong kirim ke email saya diatas

  49. Terima kasih untuk ilmu yg sangat b’manfaat.
    Oya pak saya mau tanya.
    Saya sedang usaha budi daya buah mangga harum manis.
    Cuman kendala saya saat buah mangga sudah mulai besar. Buah mulai terkena hama ulet. Kalo di tempat saya pemalang namanya cakrek. Bentuknya titik hitam totol2. Dan saat di belah di dalamnya busuk di makan ulet.

    Mohon bantuanya untuk mengatasinya.
    Terima kasih pak.

  50. Oya Pak saya mau tanya
    seyang punya batang pohon jambu jamaika yang lagi berbunga ,tapi batang pohon nya di makan ulat pengerak .
    Apa benar bisa di suntik lubang nya pake sabun ditergen campur air ,terus bermasalah ga pada bunga nya

    Terimakasih atas imponya

  51. Pak Tomo. apakah ada bedanya dalam tubuh tanaman? jika tanaman daunnya rontok karena kekurangan air dengan, jika kita pangkas sendiri daunnya sampai habis. pada tanaman anggur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here