11 KOMENTAR

  1. Saya mohon petunjuk, bagaimana cara supaya berhasil membuahkan srikaya dari Australia, Bangkok dan Taiwan.

    Saya punya Srikaya Taiwan dan pohon buah nona sudah beberapa kali berbunga, tapi setelah bunga merekah bunga menjadi kuning, coklat, hitam dan gugur.

    Mohon petunjuk dari Bapak yang sudah pengalaman, apa yang harus saya lakukan., Terima Kasih buat kesediannya untuk memberi petunjuk.

    Salam dan hormat saya,
    Undiarto

  2. Srikaya Grand Anona membutuhkan unsur mikro yang banyak terutama Boron. Aplikasikan pupuk mikro dengan trace element dengan cara dikocor di pangkal batang dan disemprot ke seluruh daun.

  3. Terima kasih Bpk Pratomo buat petunjuknya.
    Apa ada nama2 pupuk yang bapak ingin rekomendasikan
    buat saya untuk saya aplikasikan.
    Kalau boleh saya juga mohon alamat email atau telpon Bapak Pratomo.

    Sekali lagi terima kasih banyak atas petunjuknya.

    Salam dan hormat saya,
    Undiarto

    • For Undiarto: Pupuk-pupuk anorganik NPK yang menjadi rekomendasi Obor Tani antara lain:
      NPK Mutiara 16-16-16, Kristalon, Farmpion, Champion, Dekastar, NPK Fertila Pak Tani Saprotan Utama, Norsk Hydro.

  4. Kepada Yth :
    Bapak-bapak di Yabortam

    Setelah saya jalan di wilayah boyolali, saya melihat tanaman pisang ambon yang buahnya bagus ( Panjang tandan pisang kira 1 mtr dan harganya 125.000 ) tanpa ada perawatan tanaman yang serius dari pemilik.lalu saya tertarik dan coba menanam 50 pohon pisang ambon yang saya beli di pasar Boyolali. Apa pupuk yang cocok dan perawatan yang bagaimana supaya untuk tanaman pisang ambon tersebut dapat berbuah seperti yang saya harapkan. Apakah komoditas pisang ambon masih mempunyai prospek yang bagus.
    terimakasih atas jawabannya

    salam dan hormat saya

    joko Suyanto ( Kartasura )

  5. Terima kasih Bpk Pratomo buat petunjuknya tentang nama2 pupuk kimia diatas, Pak Pratomo kalau boleh saya tahu nama pupuk mikro yang kandungan Boronnya tinggi dan ada kandungan Trace element yang di butuhkan untuk srikaya jumbo.

    Sekali lagi terima kasih banyak atas petunjuknya.

    Salam dan hormat saya,
    Undiarto

  6. Yth pak pratomo.saya punya jambu air citra di pot.udh cukup umur dan udh saya rangsang dg cara dikerat seperti yg pernah dimuat di trubus.tp ttp tdk mau berbunga.mohon penjelasanya. Terimakasih

    • Untuk R. Masalwi, Jambu Citra termasuk tanaman buah yang cepat berbuah. Tidak perlu dikerat tapi apabila daun dan rantingnya (vegetatif) terlalu lebat bisa dipangkas untuk merubah C/N Rasio. Plus setelah dipangkas di beri pupuk KNO3 minimal 1,5 kg untuk pohon dengan tinggi lebih dari 2 meter.

  7. Kepada Yth,
    Bapak di Yabortan

    saat ini saya sedang melakukan penelitian mengenai studi kelayakan budidaya delima putih, tetapi informasi data mengenai tata cara budidayanya sangat sedikit, apakah di Yabortan ada informasi mengenai tata cara budidaya tanaman tersebut, minimal delima merah sebagai bahan rujukan, karena dari informasi yang saya peroleh di Yabortan terdapat ratusan pohon delima.
    terima kasih sebelumnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here