8 KOMENTAR

  1. Salut kpd Yabortan Semarang, saya pecinta tanaman buah dan akan terus mencari informasi tentang budidaya tanaman buah dari Yabortan. Trimakasih, anda sangat membantu.

  2. Saya punya bibit rambutan binjai tapi gak bisa tumbuh dgn baik. Kuntet terus, pupuknya apa biar cpt besar n berbuah ya…? Trims

    • For Dhani Ardhaneswari, tentang rambuatan binjai yang kuntet. Coba perhatikan:
      1. Pupuk kandang matang (40 kg) & pupuk NPK Mutiara 16-16-16: 1kg per tanaman sudah cukup? Tanah gembur? Di pot atau ti lahan?
      2. Air dan Sinar Matahari penuh cukup?
      3. Tanaman terserang hama-penyakit?
      Penuhi 3 hal tersebut.

  3. Dh,

    Pak Patomo, saya menanam bibit rambutan binjai, rapiah dan lebak bulus 3 th yg lalu, th ke 2 sudah mulai berbunga dan saya potong semua, baru th ke 3 berbunga dan saya buahkan.

    Yang ingin saya tanyakan apakah rambutan bisa di buahkan di luar musim..?, kalau bisa bagaimana caranya ?, karena th ini betul-betul rambutan banjir di pasaran, mengakibatkan harga anjlok, kalau bisa di buahkan di luar musim mudah-mudahan dapat membantu para petani.

    Hk,
    Aris w
    alamat di berau, Kalimantan Timur.

    • for Aris Wahyuno: Dari pengalaman kami mencoba membuahkan rambutan Binjai di 120 hektar kebun kami dengan zat pengatur tumbuh belum bisa. Tetapi dengan cara konvensional malah bisa, yaitu dengan memberi pupuk NPK Mutiara minimal 5 kg untuk pohon rambutan berumur 8 tahun serta menyiram pohon dengan air minimal 10 liter per hari rutin mulai awal musim kemarau (Mei s/d September), niscaya panen akan maju 2-3 bulan dari panen biasanya.

  4. salam buat yabortan. saya mohon sedikit penjelasan tentang cara merawat durian monthong yang sudah saya tanam sekitar 1 thn, pertumbuhannya sangat lambat.trus pada musim hujan panjang ini, daunnya mulai berguguran. bagaimana cara mengatasinya ?

  5. Dh pak Pratomo,
    Menanggapi jawaban untuk p Aris+Dhani, apakah pupuk sebanyak itu untuk perpohon? Pemupukan berikutnya selang berapa lama? Bagus mana hasilnya antara kombinasi ppk kndang+mutiara atau mutiara saja(5 kg)? Terima kasih

    Salam,
    Lucy

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here