Beranda Artikel Hidram, Pompa Air tanpa Listrik dan BBM

Hidram, Pompa Air tanpa Listrik dan BBM

153
122

Oleh: Pratomo, SP *)

Baru-baru ini ada iklan bantuan instalasi air bersih dan pompa air di Nusa Tenggara Timur dari program Corporate Social Responsibility (CSR) sebuah produsen air mineral ternama. Tampak seseorang memukul pemberat klep untuk menghidupkan pompa air. Itulah pompa hidram sebuah teknologi pompa air tanpa listrik dan BBM. Dengan semakin mahalnya bahan bakar, energi dan isu lingkungan membuat pompa Hidram semakin relevan.

———————

Ruwadi Memperbaiki Hidram

Sesuai hukum gravitasi, air selalu mengalir dari tempat tinggi menuju yang lebih tempat rendah. Sepertinya mustahil kalau harus menaikkan air dari sumber atau alirannya menuju tem­pat yang lebih tinggi, tanpa bantuan energi listrik atau bahan bakar minyak (BBM).

Tetapi apabila suatu ketika Anda ber­kun­jung ke perkebunan teh di Pur­wa­karta-Jawa Barat atau perkebunan jambu air di Singorojo, Kendal-Jawa Tengah, Anda akan melihat bagaimana air dialirkan dari sungai yang berada di hilir, naik mendaki perbu­kitan dengan selisih keting­gian hingga puluhan meter, yang berjarak ratusan meter, antara rumah pompa dengan tandon air di puncak bukit. Semua itu digerakkan oleh sebuah pompa, hebatnya lagi pompa itu tidak digerakkan oleh motor listrik atau motor bakar dengan BBM.

Pompa tersebut dinamakan pompa Hidram, berasal dari kata Hydraulic Ram Pump, bisa diartikan pompa air dengan tenaga hantaman air. Di Indonesia pompa ini sebenarnya sudah ada sejak jaman pen­ja­jahan Belanda, namun kurangnya pera­wat­an dan edukasi membuat pompa ini tidak lestari. Ditambah jaman dulu sumber air masih sangat banyak, sungai masih lan­car mengalir dengan debit besar, tanahnya masih subur dengan humus, hutan masih lebat belum gundul, tanahnya belum erosi hingga mendangkalkan sungai. Tetapi keadaan sekarang adalah kebalikan semua itu, membuat pompa Hidram tampil lagi sebagai solusi.

Dari berbagai sumber, pompa Hidram ada yang menyatakan berasal dari Peran­cis, digunakan untuk menaikkan air ke atas kastil-kastil. Ada juga sumber mengatakan berasal dari Tiongkok untuk mengairi tanah pertanian di bukit-bukit. Prinsip kerja Hidram adalah pemanfaatan gravitasi dimana akan menciptakan energi dari hantaman air yang menabrak faksi air lainnya untuk mendorong ke tempat yang lebih tinggi. Untuk mendapatkan energi potensial dari hantaman air diperlukan syarat utama yaitu harus ada terjunan air yang dialirkan melalui pipa dengan beda tinggi -elevasi- dengan pompa Hidram minimal 1 meter.

Syarat utama kedua adalah sumber air harus kontunyu dengan  debit minimal 7 liter per menit (Widarto, 2000). Besarnya debit pemompaan dapat dihitung dengan rumus Q2 = Q1 x H1 : H2 x j. Dimana Q2 adalah debit air yang dipompakan (liter/menit), Q1 adalah debit air yang masuk pompa (liter/menit), H1 adalah tinggi terjunan dalam meter, H2 adalah tinggi pemompaan dalam meter dan j adalah efisiensi pompa yaitu 0,5 -0,75. Dalam prakteknya diperoleh perbandingan tinggi terjunan dan tinggi pengangkatan air sebesar 1:6, akan menghasilkan debit pemompaan sebesar 1/3 dari debit air yang masuk ke pompa, sedang 2/3 debit air akan keluar melalui klep pembuangan setelah memberikan tenaga hantaman.

Mekanisme Hidram

Prinsip kerja dari pompa Hidram dapat dilihat dari gambar irisan pompa dapat dilihat bahwa bagian kunci dari Hidram adalah dua buah klep, yaitu: klep pem­buangan dan klep penghisap. Air masuk dari terjunan melalui pipa A, klep pem­buangan terbuka sedangkan klep peng­hisap tertutup. Air yang masuk memenuhi rumah pompa mendorong ke atas klep pembuangan hingga menutup. Dengan tertutupnya klep pembuangan meng­akibatkan seluruh dorongan air menekan dan membuka klep penghisap dan air masuk memenuhi ruang dalam tabung kom­presi di atas klep penghisap. Pada volume tertentu pengisian air dalam tabung kompresi optimal, massa air dan udara dalam tabung kompresi akan mene­kan klep penghisap untuk menutup kem­bali, pada saat yang bersamaan sebagian air keluar melalui pipa B. Dengan tertutup­nya kedua klep, maka aliran air dalam rumah pompa berbalik berlawanan dengan aliran air ma­suk, diikuti dengan turunnya klep pembu­angan karena arah tekanan air tidak lagi ke klep pembuangan tetapi berbalik ke arah pipa input A. Nah, disinilah hantaman –ram– palu air (water hammer) itu terjadi, dimana air dengan tenaga gravitasi dari terjunan menghantam arus balik tadi, 2/3 debit keluar lubang pembuangan, semen­tara yang 1/3 debit mendorong klep penghisap masuk ke dalam tabung pompa sekaligus men­dorong air yang ada dalam tabung pompa untuk keluar melaui pipa output B. Begi­tulah energi hantaman yang ber­ulang-ulang mengalirkan air ke tempat yang lebih tinggi.

irisan hidram

Tertutup dan terbukanya kedua klep secara bergantian menimbulkan bunyi “dek-dok”, suara “dek” adalah tertu­tupnya klep penghisap yang membentur rumah klep, sementara suara “dok” adalah tertutupnya klep pembuangan yang juga membentur rumah klep. Hingga masya­rakat sekitar sering menyebut Hidram dengan sebutan pompa “dek-dok” atau pompa “jedhok-jedhok”.

Selain dua syarat utama tadi, pem­buatan pompa Hidram perlu memper­hatikan perbandingan tinggi terjunan dan tinggi pemompaan air yaitu 1:5. Tiap beda tinggi terjunan 1 meter akan mampu memompa air setinggi 5 meter dari rumah pompa ke tempat tandon air. Jadi bukan hal yang mustahil ketika beda tinggi terjun­an air 12 meter di perkebunan teh mampu memompa air hingga ketinggian lebih dari 50 meter dengan jarak lebih dari 500 meter.

Hal kedua yang perlu diperhatikan adalah penyesuaian diameter pompa dengan debit air. Untuk mengoptimalkan tekanan semakin besar debit air, diameter pompa semakin besar pula. Berikut ini tabel diameter pompa dan debit air :

debit air

Beberapa permasahan yang mungkin timbul dalam pengoperasian pompa hidram antara lain:

1.      Klep pembuangan tidak dapat naik atau menutup, disebabkan beban klep terlalu berat atau debit air yang masuk pompa kurang. Dapat diatasi dengan mengurangi beban atau memperdek as klep pembuangan.

2.      Klep pembuangan tidak mau turun atau membuka, karena beban klep terlalu ringan, jadi bisa diatasi dengan menambah beban klep atau mem­perpanjang as klep pembuangan.

3.      Tinggi pemompaan di bawah rasio rumus, yaitu setiap terjunan 1 meter dapat menaikkan setinggi 5 meter. Penyebab pertama adalah terjadinya kebocoran atau tidak rapatnya klep. Penyebab kedua rasio diameter pipa input dibanding pipa output lebih besar dari 1 berbanding 0,5. Dapat diatasi dengan memeriksa dan mem­perbaiki klep atau mengurangi diameter pipa output. Penyebab ketiga adalah terlalu banyaknya hambatan pada pipa output menuju baktandon, berupa banyaknya belokan pipa. Agar hal tersebut tidak terjadi, pada saat instalasi pipa sedapat mungkin dikurangi lekukan atau belokan pipa menuju tandon.

Kunci keawetan dan operasional pompa hidram adalah perawatan rutin, mengingat sumber air yang dipergunakan mengalir pada saluran umum yaitu: sungai, saluran irigasi atau mata air. Selain harus menjaga air yang mengalir terbebas kototan/sampah dengan cara membuat saringan, dipakainya sumber air umum tersebut membuat debit air berubah-ubah, fluk­tuatif, yang bisa menyebabkan klep pembuangan berhenti bekerja -membuka-metutup. Cara membuat klep pembuangan bekerja lagi adalah dengan cara pemukul as klep dengan balok kayu seperti dalam iklan CSR bantuan air bersih produsen air mineral ternama tadi.

Manfaat Hidram

Manfaat Hidram yang paling signifikan adalah efisiensi biaya untuk membeli energi seperti listrik atau BBM. Dengan berfungsinya Hidram maka lahan-la­han yang dulunya tidak terjangkau irigasi dapat dipergunakan untuk budidaya tanaman. Da­pat pula dipergunakan sebagai penyuplai air kebutuhan industri dan rumah tangga termasuk air minum dengan menggunakan filtrasi. Usaha perikanan dan peternakan juga akan sangat terbantu dengan adanya aliran air. Dengan sedikit memodifikasi, aliran air dalam pompa hidram juga dapat berfungsi menggerakkan turbin generator.

skema pemasangan hidram

Dalam tataran yang lebih makro, dengan semakin banyak pompa hidram dioperasikan, dapat mengurangi resiko banjir. Kemudian dengan semakin mera­tanya penggunaan air, maka tanaman keras di perbukitan akan lebih mudah tumbuh, ini berarti konservasi lahan dan air tanah juga semakin terjaga, ditambah dengan manfaat berkurangnya tanah longsor dan erosi di perbukitan yang semakin rimbun tanaman keras.

Analisa biaya pembuatan pompa Hidram 1,5 inch menghabiskan biaya Rp 1,5 juta, sedang untuk pompa 4 inch memerlukan biaya Rp 3,5 juta. Apabila kita mempunyai bakat teknik dapat merakit pompa hidram sendiri, namun apabila tidak bengkel lokalpun tidak akan kesulitan meralisasikan pompa Hidram. Bahan klep yang dipergunakan tidak perlu klep bikinan pabrik tapi dengan sedikit kete­litian kita dapat mempergunakan karet ban dalam untuk klep, baik klep pembuangan atau klep penghisap. Spesifikasi material, pola lengkap dan cara pembuatan pompa Hidram bisa didapatkan di Fakultas Teknik Universitas Sultan Agung Semarang, Lembaga Pengabdian Masyarakat Universitas Gajah Mada (LPM-UGM) dan Per­kebunan Cengkeh Zanzibar Semarang.

Akhir kata, pengembangan ide-ide dan teknologi tepat guna menjadi sangat berarti di tengah krisis energi yang menghadang masa depan dunia. Peng­gunaan energi yang tidak bisa diper­baharui sedapat menjadi pilihan terakhir dalam memenuhi kebutuhan dalam akti­vitas-aktivitas kehidupan kita. (*)

  • Penulis adalah mahasiswa Program Magister Teknologi Pangan Unika Sugijapranata dan bekerja sebagai Sekretaris Eksekutif, Yayasan Obor Tani.

DAFTAR PUSTAKA

Widarto, L. & FX. Sudarto C. Ph. (2000). Teknologi Tepat Guna: Membuat Pompa Hidram. Kanisius. Yogyakarta.

Leonardo, El.. (2002). Design and Construction of a Hydraulic Ram Pump.Universitas of Nigeria. Nigeria.

Crowley, C.A. (August 1937). “Hydraulic rams furnish water supply to country homes”. Popular Mechanics: 306-311.

Crowley, C.A. (September 1937). “Hydraulic rams furnish water supply to country homes”. Popular Mechanics: 437-477.

Toothe v. Bryce, 25 Atlantic Reporter , pp. 182-190 .

Iversen, H.W. (June 1975). “An analysis of the hydraulic ram”. Journal of Fluids Engineering: 191-196.

Hydraulic Ram: Fixing & Working. Spons’ Workshop Receipts. vol II. London: Spon. 1921. pp. 457-465

122 KOMENTAR

  1. Selamat malam Pak . ….
    Mau tanya harga 1 (satu) unit Hidram dalam rupiah berapa, dan prosedur pemesanannya bagaimana ?
    Terima Kasih.

    • Untuk Sdr. Delly Meilano, sdr. Pandan Sari, sdr. Deri Final.
      Harga Pokok Produksi (HPP) pompa Hidram 1,5 inch menghabiskan biaya Rp 1,5 juta, sedang untuk pompa 4 inch memerlukan biaya Rp 3,5 juta.
      Harga jual di pasaran adalah HPP + 25%

      Lansung saja pesan/datang ke Fakultas Teknik Universitas Sultan Agung (Unisulla) Semarang kampus Kaligawe, Lembaga Pengabdian Masyarakat Universitas Gajah Mada (LPM-UGM) atau Per­kebunan Cengkeh Zanzibar Jl. Imam Bonjol 155 Semarang (Bp. Heri Prasarana).

  2. Selamat malam Pak !
    Mau tanya harga 1 (satu) unit Hidram dalam rupiah berapa, dan prosedur pemesanannya bagaimana ?
    Terima Kasih.

  3. Yth.Pimpinan Yayasan,
    Mohon diberikan informasi lengkap desain pompa hidram yang pernah dibuat khususnya untuk daerah pegunungan/dataran tinggi didaerah bapak.
    Ttd.
    RADEMAN
    JL.Singa runjandz No. 92 Kuala Kurun Kabupaten Gunung Mas
    Propinsi Kalimantan Tengah
    contact person : 085252919111

  4. Yth.Pimpinan Yayasan,
    Jika ada kegiatan pelatihan tentang pembuatan pompa hidram,mohon hubungi kami, kami berniat untuk ikut
    JL.Singa runjandz No. 92 Kuala Kurun Kabupaten Gunung Mas
    Propinsi Kalimantan Tengah
    contact person : 085252919111

  5. mohon informasi yang sedetail-detailnya, dari kapasitas pompa dan hara jual, saya memerlukan pompa dengan daya besar tanpa menggunakan listrik untuk mengairi sawah kira-kira 100 ha

  6. Slmt siang Pak. Saya pernah mengerjakan proyek air bersih (sebagai sub kontraktor) pekerjaannnya mengangkat air dari sumbernya dibawah bukit dengan menggunakan pompa air tanpa motor (patmo) ternyata proyek tersebut gagal karena air tak bisa diangkat oleh pompa tersebut. Walau sudah dicoba berulang-ulang. Akhirnya pompa diganti dengan mesin genset agar tidak mengecewakan warga. Dimana kira-kira letak kesalahannya. apa mungkin bisa air diangkat dengan pompa tanpa listrik ….? Terus terang setelah kejadian itu saya jadi ragu dengan pompa tsb. Mohon diberikan info terkait kegagalan alat tsb ! Terimakasih.

    • Pak Ketut untuk hidram ada syarat yang harus dipenuhi: yaitu
      1. Ada terjunan air yang dialirkan secacara kontinyu melalui pipa dengan beda tinggi -elevasi- dengan pompa Hidram minimal 1 meter, dengan debit cukup banyak dan perbandingan debit dan diameter pipa dapat dilihat di artikel kami.

      2. Model Klep in-out harus sesuai, baik jarak optimal maupun buka-tutupnya. Coba perbandingkan dengan gambar.

      Dari pompa hidram yang kami pasang dengan pipa 4 inch, debit cukup, tinggi terjunan 2 meter bisa menaikkan air dengan pipa 2 inch setinggi 18 meter dengan jarak pompa hidram dengan tandon 250 meter.

  7. sore pak! sy bth hydram 2 unit untuk perkebunan teh di tmpt sy. berapa harga dan bg mana cara pemesananya?

  8. Jika pada aliran sungai / selokan tidak terdapat terjunan air, apakah bisa direkayasa / dibuatkan terjunan dari tandon/drum air dengan posisi 1m di atas patm, sehingga patm dapat berfungsi normal.

  9. For Hendra: Bisa yang penting ada beda tinggi / elevasi. Kekuatan hidram adalah gravitasi semakin tinggi maka kekuatannya akan semakin hebat. Tenaga pompa hidram adalah 2/3 air yang meluncur. 1/3 dipompa ke tempat yagn lebih tinggi.

  10. mau tanya pak.
    Saya tinggal di grobogan,sangat tertarik dgn pompa hidram.
    Materi serta spesifikasi pembuatan pompa hidram yg ada di fakultas teknik unisula bisa diminta secara cuma2 gak pak,trus harus menghubungi sama siapa.

  11. pak pratomo.. apakah teknologi pompa hidram bisa diterapkan di di demak yang tanahnya datar?

    untuk mengairi sawah petani demak yang tidak dilalui sungai irigasi biasanya memanfaatkan air sungai besar yang ada di demak. untuk mendapatkan mengalirkan air dari sungai kesawah mereka menggunakan pompa diesel.

    bagaimana kalo pompa diesel tersebut diganti dengan pompa hidram. apakah memungkinkan?

  12. pak pratomo, sy sangat tertarik dan ingin tahu lebih banyak tentang teknologi pompa hidrum. sepertinya teknologi hidrum bisa menolong saudara kami /petani yang kesulitan air. apakah bpk bisa jadi tempat kami berkonsultasi dalam terapkan teknolopi hidrum.

  13. pak saya pengin ikut magang tentang tanaman kelengkeng itoh di genting bagaimana caranya dan adakah biayanya.dan kalau langsung ke genting ketemu siapa?

  14. Pak, kalo pesan hidram ke bapak, biayanya berapa ? Apa sudah termasuk pemasangannya? Apakah ada agen bapak di kota bandung?

  15. saya dari tanggamus, Lampung. saya sangat tertarik dengan pompa hidram ini sudah sejak lama dan ingin membuatnya di desa tempat orang saya, tapi saya tidak tau memesan kepada siapa dan dimana. ada yang menawarkan tapi dengan harga yang sangat tinggi saya tidak sanggup membayarnya. apakah bapak tau bagaimana cara memesannya tanpa datang ketempat? mungkin melalui telepon atau alamat email tempat pembuatan tersebut?

    • For Syamsul_Arifin87: Untuk pompa hidram, Bapak ke Semarang saja nanti kami antar ke Bengkel tempat kami memesan atau ke Fakultas Teknik Unisulla Semarang.

  16. pak,pompa hidram itu cara kerjanya,bagai mana…mohon di jelaskan secara deteil,kok makai tabung dan valve,trim…

  17. Kondisi Sumber Air ditempat kami datar, apakah pompa hidram dapat diaplikasi pada kondisi areal tsb? atau harus dibuat air terjun buatan?

  18. Selamat siang pak Pratomo,

    Boleh saya mendapatkan no telpon FT Unisulla, LPM UGM untuk berkomunikasi lebih lanjut pak.

    Terimakasih

  19. sampai berapa meter daya isap+daya dorongnya (total head) kalau dipesan berapa harga per-unitnya tambah, apa bisa melayani pengiriman sampai diluar Jawa ? yaitu kab. Enrekang sul-sel
    trim’s

    • For Mudjianto: Untuk pompa hidram kami tidak menrima pesanan, tapi kami penyedia informasi dan tempat-tempat dimana petani seluruh Indonesia bisa datang dan terpenuhi kebutuhannya. Tks

    • For Endra: POmpa hidram selama ini baru dipergunakan untuk air. Kalau untuk minyak kami kira tetap bisa, namun viskositas akan mempengaruhi dorongan aliran dan sistem buka tutup klep. Terus klepnya kalau terbuat dari karet (bukan kulit) akan melar dan getas bila berinteraksi dengan minyak. Selain itu sistem pompa hidram 2/3 cairan dipergunakan untuk mendorong 1/3 cairan lainnya ke atas. jadi ada 2/3 cairan yang tidak terdorong ke atas. Kalau untuk minyak komersial itu adalah suatu kerugian yang besar. Tks

  20. pak saya vedy dari surabaya , saya mau tanya ttg harga :

    karet katup isap diameter 6″ pompa kebun

    mohon harganya segera diinformasikan

    best regards

    vedyanto

  21. Pak saya tinggal di lumajang, memiliki lahan pertanian yang tanahnya cenderung berpasir sehingga butuh biaya tinggi ketika ditanami apapun. Apakah pompa HIDRAM bisa menaikkan air tanah di kedalaman 10 m..? Mohon bantuannya pak!

  22. kami dari desa tertingal inggin kmegalami krisis air baik di musim panas maupun musim hujan susah sekali bercocok tanam
    padaha ada sugai selalu ada airnya tidak penar kering.untuk mempaatka air sungai kami perlu pompa besar yang bekapasitas besar menaikan air.untuk itu mohon kami di berita
    atau cara mebuat pompa tampa listrik dan bmm.kirim saya lewat email naohan@ymail.com

  23. saya cari pampa tampa mesin, untuk mengalirkan persawahan di daera kami, kami butu 20ltr/detik, ktinggian sekitar 20 mtr dari permukaan air, Tolong kami kasi impormasi!

  24. saya cari pampa tampa mesin, untuk mengalirkan persawahan di daera kami, kami butu 20ltr/detik, ktinggian sekitar 100 mtr dari permukaan air, Tolong kami kasi impormasi!

  25. Pompa Hidram bagaikan mimpi di siang bolong…. Tidak akan mungkin bisa bekerja…. Pompa tersebut tidak memenuhi prinsif hukum fisika…

    • Untuk Para Pencari Info Pompa Hidram: Pompa Hidram adalah teknologi tepat guna yang NYATA, bagi yang ingin kontak langsung kepada “Bapak Pompa Hidram”: FX Sudarto, UGM YOGYAKARTA. Telp. 0274-566081, HP. 085 737578492. Semoga bisa menjawab semua informasi yang diperlukan: vedyanto, nukman, naohan. susyanto, zonzana, Roma, Arif Groby, Nurhamdi, Indra PA dan Adhon. Tks.

  26. Yth. Pimpinan Yayasan,

    Ditempat saya terdapat mata air di daerah berbukit/pegunungan dengan debit -+ 20 L/detik. Lokasi tersebut dekat dengan perumahan, namun posisi mata air lebih rendah dari lokasi perumahan ( beda tinggi -+ 15 M). Pertanyaan saya :
    1. Dengan beda tinggi tersebut apa bisa dibuat pompa air ?
    2. Bahan apa saja yang di perlukan ?

  27. Kemana saya bisa menghubungi pemesanan & pemasangan pompa hydram untuk mengairi sawah, di kota Rangkasbitung, Banten? terimakasih

    nb: Jarak dari sumber air (sungai) sekitar 300m.
    Jarak permukaan sungai terhadap sawah, belum tahu.

  28. pak kami ingin minta alamat lengkap dan nomor HP yang bisa dihubungi. saya sangat tertarik terhadap alat tersebut, terima kasih

  29. Mohon petunjuk nya bapak.
    1. Apakah dapat dioerasikan didataran rendah,pinggiran laut.
    pertambakan?
    2.apakah dapat beroperasi, pompa tersebut didalam air?
    Terimakasih atas tanggapannya.

  30. Mohon petunjuk…
    1..dapatkah digunakan utk memindahkan air didalam tanggul didaerah rawa….?
    2..dapatkah bpk memasangkan pompa tsb ditempat saya (palembang)…?
    3..tlg info hrga utk pompa 4″ sebanyak 4 unit dan jasa pemasangan,,?

    thanks infonya….

  31. saya ingin tahu dimana bisa beli pompa hidram kalau bisa kasi alamat dan telp yang jelas. harga yang pasti trimakasih

  32. Sugeng Daluh BApak/Ibu Nuwun Sewu kalau mau inovasi Lebih silakan klik : http://www.younginnovator.blogspot.com Ada Gergaji Otomatis JOWO, Inovasi Tembok tanpa paku Jowo, Inovasi Sandal Reflexy otomatis tanpa baterai & listrik, Inovasi Starter Motor Otomatis JOWO dlsb. KArya AREK SUROBOYO dari Kota PAhlawan Surabaya Jawa Timur untuk Indonesia dan Dunia Lebih baik. Inovasi RAden Mas Bagus PErmono Imanuel yang hobi Es Krim dan Cokelat, yang selalu Peduli dan Berbagi sesuai KASIH Dan PAncasila..!! MERDEKA..!!Inovasi, siapa Takut ??? EUREKA..!!! muah..muah..muah…muah….

  33. ide saya : air terjunan 5 meter, masuk pompa hidram untuk dinaikkan ke tandon setinggi 20 m tegak lurus, dari tandon keluar air masuk ke kincir/turbin, menggerakkan generator, dari generator listrik menggerakkan pompa air (listrik)/(air sisa yang 2/3) ke atas tandon…. sehingga terjadi cyrcle energi… bisa nggak yaa diaplikasikan???

    mata air – pompa hidram – tandon – generator – pompa listrik – air kembali ke tandon – generator… jadi fungsi pompa hidram sebagai awal dan sebagai pengganti bila pompa listrik macet.mati.

    komentar????
    thx

    • Untuk Hay (Hari Wasono),
      Bisa ide Anda tapi terjunan untuk generator harus kuat? Ada yang bisa bantu berapa kekuatan minimal untuk menggerakkan generator listrik?

  34. saya butuh beberapa unit pompa ini untuk pengadaan air bersih yang akan disumbangkan ke masyarakat korban letusan gunung merapi dan lain lain. nanti akan saya hubungi pembuatnya dan sekali gus minta penawaran harganya..
    terimakasih

  35. Pompa air hidram ini cukup bagus dan bisa hemat energi namun harus ada terjunan atau perbedaan ketinggian antara sumber air dan posisi pompa, dengan demikian apakah bisa untuk memompa air dari sumur dengan kedalaman air 8 m
    dari permukaan tanah.
    Atas informasinya saya ucapkan terima kasih.

    salam

  36. selamat pagi…

    saya gunawan punya kegiatan dengan anak-anak lereng merapi.

    berkenaan dengan kejadian luar biasa merapi, menyebabkan banyak sumber mata air yang selama ini digunakan warga setempat tidak berfungsi seperti sediakala karena tertutup lahar dingin, saluran yang rusak, dsb.

    salah satu dusun, gendelan, mempunyai permasalahan serupa dimana mata airnya tidak dapat digunakan lagi.

    namun demikian, mereka mempunyai juga sumber mata air yang terletak di bawah dusunnya dan ada informasi bahwa salahsatu alat menaikkan air seperti itu bernama HIDRAM. Namun kendala bagi mereka adalah tidak tahu dimanakah mencari/mendapatkan hidram tersebut.

    adakah yayasan obor tani tahu dimana mencari barang tersebut? Terima kasih.

  37. Bapak Yth,
    Desa saya di daerah ketinggian dengan sumber air (mata air cukup besar =50 ltr/menit) berada dibawah dengan jarak tingi +/- 70 meter, dan saya berminat untuk menggunakan Pompa Hidram.
    Dimana saya bisa mendapatkan Jenis Pompa sesuai kebutuhan saya diatas dan berapa harga perunit Pompa Hidram dengan Ukr. 1″ ?
    Mohon informasinya ke e-mail saya.

  38. saya indra azmi

    mohon untuk menghubungi kami bila ada pelatihan mengenai hidram pump
    085277945997
    indrazmi@yahoo.com

    saya bekerja pada Ngo mercy corps

    kami sekarang bekerja di kep.mentawai
    pada daerah yg kesulitan air

    apabila ada yg bisa membantu kami untuk mengirim gambar detail mengenai hidram pump kami sangat berterima kasih, agar dapat langsung kita terapkan dimasyarakat

    saya dapat dihub dinomor dan email diatas
    please sms first, karena jaringan internet susah ditempat kami

  39. setelah membaca jurnal Pak Pratomo saya sangat tertarik dan ingin tahu lebih banyak gi ttg pompa hydram ne……..
    kalo bisa bantu apa buku referensi dalam pembuatan pompa tersebut…..?????
    trims y Pak atas infonya…

  40. Mohon maaf saya mau tanya pompa saya kok tiba2 cuma mampu beroperasi ± 1hari setelah itu tuas pembuangan mentok di atas kira2 kenapa ya?

  41. PAK MAU TANYA , BEAKANG RUMAH ADA SUNGAI SEDALAM 2 METER , BISA TIDAK PAK PMPA HDRAM NYA DI MASUKKAN DI SUNGAI , MUNKINKAH BIS ABEKERJA >???

  42. sya mau tanya pak,dilahan saya tdk ada aliran sungai gimana caranya sya mendapatkan air dgn menggunakan pompa hidram pak.trima kasih

  43. Saya adalah anak Petani dari Daerah Tropis di Daerah Kabupaten DAIRI /SIDIKALANG SUMATERA UTARA. Kalau musim kering susah cari air, namun air ada di bawah pedesaan +1 km Di bawah permukaan Kampung. bagaimana caranya untuk menaikkan air tersebut ke perumahan penduduk dengan cara pakai Pompa HYDRAM/DEK DOK.Mohon bantuannya .
    Terimakasih.

  44. saya tertarik dengan pompa hidram, dan kebetulan tempat tinggal saya kekuarangan air, padahal sumber air tersedia hanya terletak di daerah rendah. karena saya tinggal di daerah garut, apakah ada agen penjual hidram di sekitar jawa barat?

  45. Dengan hormat

    Harap dikirim penawran harga utk kapsitas yg sesuai dengan tambak ikan ukuran 25 X 25 m dan 50 x 50 m

    sekian dan trima kasih

    wassalam

    Nelson

  46. Ass Pak, Saya dr Sumatera Barat, Saya mempunyai beberapa buah kolam tetapi airnya td k mencukupi. Dekat lahan terbut ada aliran sungai kedalaman lebih kurang 2,5 M dari lahan. Saya ingin menaikkan air terbut dg pompa hidram. Dimana saya bisa mendapatkan pompa hidram tsb. Apa ada agen penjualannya di Sekitar Sumatera Barat / Pekan Baru. Lalu berapa harganya dalam keadaan terpasang.
    Terimaksih atas bantuannya ya Pak.

  47. Slm kenal pak.. saya dari Sumba-NTT, ada usulan kegtn Air Bersih tp beda tinggi – 20 m, apa bisa kita mendapat informasi dan cara pemesanannya?

  48. Salam kenal dan selamat atas keberhasilannya. Kami produsen pompa air tanpa motor merk PATMO. air yg dihasilkan per pompa 1liter/detik dengan ketinggian 100 m. Bisa Bapak lihat di youtube : patmo waterpump without motor. Terimakasih

  49. Salam…

    Pak untuk informasi bisa gak kami dapatkan nomor kontak yang bisa dihubungi, soalnya kami sangat tertarik untuk pompa ini. Karena kami punya kebun yang sampai sekarang masih memakai pompa listrik untuk memompa airnya.

    terimakasih dan salam

    Nazar

  50. saya ingin pesan 1 pompa hidrolik yang 2 inchi, harganya berapa jika di tambah ongkos kirim ke Sorong Papua pak.terimakasih

  51. Jika akan memompa air dari dlm suatu wadah yg tdk memungkinkan adanya terjunan, apakh ada teknologi lainnya yg mirip dgn pompa hidram ini ?
    mohon info dan masukannya. trims.

  52. Ass pak..
    saya adalah peserta SM-3T,yang di tempatkan
    di Daerah Terpencil yang tampa listrik dan Daerah berbukit-bukit.para Warga Desa di sini sangat susah mendapatkan air untuk aktivitas perkebunan karena kurangnya pasokan air,kami disini memiliki aliran sungai yang sangat deras yang berjarak kira-kira 300 m dari pemukiman warga.apakah kami bisa menggunakan hidram untuk menaikkan air sungai?dan Apakah kami bisa membuat proposal untuk mendapatkan pompa tampa mesin ini?tolong hubungi kami.081241633811

  53. kpd Bapak Pratomo yang terhormat ;
    kami adalah gabungan kelompok petani ikan air tawar yang mana sebagian dari hasil usaha kami peruntukkan bagi saudara2 kami yang kurang beruntung. tinggal di jawatimur kabupaten tulungagung kec. rejotangan desa Panjerejo.
    ikan paling bagus pertumbuhan jika ada air yang terus mengalir sebagai proses pengadukan oksigen ke air.
    mohon tolong jika ada alat atau pompa yang bisa dipakai untuk menaikkan air sumur ke kolam tanpa energi minyak dan listrik untuk memperkecil biaya produksi ikan
    terimakasih sebelumnya….

  54. Mohon kirim skema secara detai agar bisa saya mempraktekannya di daerah saya. Atau bila sudah ada barang yang siap pakai dimana saya bisa mendapatkannya. kebetulan di daerah saya sekarang sedang krisis air bersih. tetapi sumber mata air ada di lembah seberang, sangat memungkinkan untuk menggunakan teknologi pompa hidram.
    Terima Kasih.
    Agus Rizal

  55. mat siang Mas, saya di papua, sys sangat tertarik dengan pompa tersebut mengingat daerah/kampung kami terletak di ketinggian, sumber airnya jauh di bawah, kalau mas tdk keberatan.. tolong infonya dimana saya bisa mendapatkan pompa tersebut? GBU

  56. saya sangat tertarik dengan sistim kerja hidram yang ada dalam gambar diatas.mohon informasi metode pemasangan klep pengisapan dan pembuangan air.

  57. mat pagi pak, alat ini apa bisa digunakan untuk menaikan air dari sumur bor ya? mohon penjelasanya.

  58. kami ingin menggunakan hidram dari dalam danau ke tempat yang lebih tnggi dengan kapasitas kebutuhan 16 m3/jam
    yang ingin kami tanyakan

    apa bisa hidram menaikkan air dari danau ke ketinggian 3 meter dengan jarak danau ke tempat penampungan kurang lebih 1,7 Km

    atau ada tekhnologi lain?

    terimakasih

  59. Selamat pagi pak, saya Andriyan dr bandung, begini pak di desa wilayah garut ada permaslahan dengan sumber air, di sana terdapat sungai di bawah desa yang dipisahkan tebing setinggi sekitar 50m, apakah solusi teknologi Hidram ini dapat diaplikasikan? mohon bimbingannya pak terima kasih

    boleh minta no. kontak nya

  60. Pak Pratomo, mohon info, apakah air Kali Porong, debit bisa 200 ~ 1.100 m3/det, kecepatan air ~2 m/det, apakah dapat sebagai energi untuk menggerakkan pompa HIDRAM, menghasilkan debit 4 m3/det (perlu beberapa pompa), menaikkan air tersebut 10 m ? Terima kasih.

  61. Saya sangat berminat baik ikut pelatihan maupun membeli saya ingin mengembangkan pompo hidram ini karena ingin memberdayakan petani di kampung saya yang kekurangan air tapi bisa mengalirkan dari sungai yang berada di bawah lahan yang hendak diairi.

  62. permisi….

    mau tanya nih…
    kalau saya pengin menaikkan air sumber yang kebetulan ada 10 m dibawah kolam saya kira – kira ada solusinya ga ya???

    terima kasih

  63. gw ada aquarium di ruang tamu dan di dalam kamar. tiap minggu airnya mesti gw isi ulang, jadi capek banget deh.. jadi tolong saya pesen dua set pompa hidram skalian masangnya.

  64. Yth admin
    Kalau untuk pengairan sawah…berapa estimasi biayanya…..yang ketinggia sumber air ke are sawah 15 m.
    mohon informasinya

  65. Bisakah hidram digunakan utk mengalirkan air dari danau ke perbukitan dgn ketinggian lebih dari 20 meter??

    THX.
    Salam dari danau

  66. Salam untuk Semua,

    Bapak atau Ibu, Saya membutuhkan beberapa buah Pompa Hidram. tapi sebelumnya saya ingin bertanya, apakah pompa hidram mampu mengankat air dari bawah gunung ke atas gunung sekitar 100 sampai 200meter. tolongnya jawabanya di kirim lansung ke email saya.

    Terima Kasih,
    Baba

  67. Salam sejahtera Pak pratomo.
    Saya ingin menanyakan di desa saya lokasi sumber airnya sekitar 1,5 km dr desa,ketinggian air turun 10 mtr dan akan dinaikan tinggi 30 m, tp air turun dulu 10 mtr kemudian berjalan datar sejauh 1,5 km dulu baru dipasang pompa hidram.pertanyaan saya apakah bisa air naik stinggi 30mtr dgn kondisi seperti itu..terima kasih atas jawabannya..

  68. Mas Pratomo… Yg sabar ya mas….
    Pembacanya banyak yg lalod… Pertanyaanya tumpang tindih n nga faham isi artikelnya… Hehehe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here