Beranda Artikel Waduk Mini Yabortan yang di Sentra Pemberdayaan Tani (SPT) Nglanggeran, Patuk, Gunungkidul....

Waduk Mini Yabortan yang di Sentra Pemberdayaan Tani (SPT) Nglanggeran, Patuk, Gunungkidul. Fungsi Utama Waduk Mini SPT.

58
1
 

Hari ini baca di Koran Kompas Edisi 26 April 2013 halaman 18, tentang Waduk Mini Yabortan yang di Sentra Pemberdayaan Tani (SPT) Nglanggeran, Patuk, Gunungkidul.
Fungsi Utama Waduk Mini SPT: 

1. Menampung air hujan dan air permukaan agar tetap berada di tempat yang tertinggi. Supaya dapat dipergunakan untuk irigasi gravitasi tanpa Pompa Listrik atau Pompa BBM

2. Sebagai Ibu yang akan menyusui ribuan “bayi” tanaman di perbukitan tandus yang berada di bawahnya. Terutama tanaman keras dan perdu hortikultura. Setelah 3 tahun “bayi” tanaman akan dewasa dan akan tunggangnya bisa mencari air sendiri di dalam tanah. Sehingga lahan tandus di perbukitan akan kembali hijau (seperti jaman awal peradaban manusia saat ozon masih tebal).

3. Menambal Ozon (O3). Satu Waduk Mini SPT dengan volume minimal 8000 m3 (8 juta liter) dapat menyusui 4000 tanaman keras horti seperti Durian, Lengkeng, Srikaya dll. di lahan seluas 20 hektar. Apabila tanaman sudah dewasa (berumur di atas 3 tahun, maka ribuan tanaman tersebut akan menjadi pabrik oksigen (O2) yang beroperasi terus menerus, tanpa mengenal hari libur. Oksigen (O2) akan naik ke atmosfer bumi, sampai lapisan stratosfer, kemudian apabila O2 menyerap sinar ultraviolet pada jarak gelombang 242 nanometer, maka terbentuklah Ozon (O3) baru, yang siap mempertebal dan menambal lapisan ozon. Inilah peran waduk mini dalam iklim makro.

4. Sebagai radiator iklim mikro di suatu kawasan. Dengan adanya waduk mini berkapasitas 8 juta liter, suhu di kawasan pada radius 1 km akan turun 2-4 derajat celsius. Sedang kelembaban akan naik 5-15%, karena uap air di sekitarnya akan selalu bergerombol di dekat tampungan air. Dampak positifnya (sungguh diluar dugaan kami sebelumnya, berdasar kesaksian petani peserta program SPT), tanaman yang ditanam atau di tumpang sari sekitar waduk SPT meningkat produksinya, seperti: tanaman pisang, jumlah sisirnya lebih banyak, ubi jalar umbinya lebih banyak, begitu juga dengan kacang tanah dan pepaya.

5. Goal-nya, Waduk Mini dan tanaman hortikultura parajumpers sale dapat memberikan peningkatan pendapatan (generic income) bagi petani peserta SPT.

— di Nglanggeran, Patuk, Gunungkidul. parajumpers sale

1 KOMENTAR

  1. saya mahasiswa instiper yogyakarta ingin melakukan penelitian di embung nglanggeran. saya mohon bantuan kepada yayasan obor tani untuk mengrimkan desain/ gambar teknis embung nglanggeran tersebut, maaf jika ada kesalahan . terimakasih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here