Beranda Sentra Pemberdayaan Petani Wagub Rustriningsih Kunjungi Desa Seboro, Desa Seboro Sebagai Desa Rintisan Desa Agrowisata.

Wagub Rustriningsih Kunjungi Desa Seboro, Desa Seboro Sebagai Desa Rintisan Desa Agrowisata.

74
0

Wakil Gubernur Jawa Tengah Dra. Hj. Rustriningsih, M.Si pada tanggal  07 Maret 2011 berkunjung ke Desa Seboro, Kecamatan Sadang untuk melaksanakan Tanam Perdana bibit Lengkeng Itoh bersama dengan Bupati Kebumen H Buyar Winarso dan Kepala Divisi Kredit Bank Jateng Cabang Kebumen (Windoyo). Kunjungan tersebut sekaligus sebagai tindak lanjut dari rencana Pengembangan Sentra Pemberdayaan Tani dalam bentuk pengembangan Kawasan Agrowisata di wilayah tersebut bersama Yayasan Obor Tani. Hadir dalam kesempatan tersebut Ketua Yayasan Obor Tani Ir Budi Darmawan.

 

Pengembangan agrowisata merupakan salah satu alternatif yang diharapkan mampu mendorong baik potensi ekonomi daerah maupun upaya pelestarian potensi sumber daya alam. Apalagi mengingat pemanfaatan potensi sumber daya alam sering kali tidak dilakukan secara optimal dan cenderung eksploitatif. Kecenderungan ini perlu segera dibenahi dan salah satunya melalui pengembangan industri pariwisata dengan menata kembali berbagai potensi dan kekayaan alam serta keanekaragaman hayati berbasis pada pengembangan kawasan pertanian dan perkebunan secara terpadu.

 

Dengan dukungan Yayasan Obor Tani Masyarakat Kebumen berharap akan tercipta desa Seboro sebagai desa agrowisata. Untuk itu diperlukan perencanaan dan pengembangan dan pengelolaan dan juga pengawasan yang tepat. Pengembangan Agrowisata memerlukan kreatifitas dan inovasi, kerja sama dan koordinasi serta promosi dan pemasaran yang baik, termasuk didalamnya keterlibatan unsur masyarakat.

 

Ketua Yayasan Obor Tani Ir Budi Darmawan mengatakan dengan program Pengembangan Sentra Pemberdayaan Tani dalam bentuk pengembangan Kawasan Agrowisata, akan membangkitkan ekonomi rakyat. Pihaknya merencanakan akan mengembangkan sejumlah 35 desa di Propinsi Jawa Tengah yang diproyeksikan sebagai desa-desa Agrowisata. Manuan pada tahun 2011 , baru di 5 desa , salah satunya di Desa Seboro, kecamatan Sadang.

 

Sementara terkait permasalah pasokan air di wil;ayah Desa Seboro, menurut Wakil Gubernur Jawa Tengah Dra. Hj. Rustriningsih, M.Si , saat ini telah dibangun sejumlah 7 buah embung di wilayah trersebut. Diharapkan dalam kurun waktu 3 tahun , masyarakat di sekitarnya sudah bisa memetik hasilnya. Usai dari Desa Seboro, bersama Bupati Kebumen H Buyar Winarso , SE dilanjutkan kunjungan ke Waduk Sempor.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here